Comments Pictures">More Images @ MyNiceProfile.com
Hello! Comments Pictures
More Images @ MyNiceProfile.com Welcome Comments Pictures

Kamis, 26 Juni 2014

CONTOH LAPORAN HASIL OBSERVASI KURIKULUM 2006 DAN 2013 DI SD

LAPORAN HASIL OBSERVASI KURIKULUM 2006 DAN 2013
SDN 12 DAN SD 39 PONTIANAK KOTA

A.    Latar Belakang
Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan, khususnya untuk anak yang sedang tumbuh dan berkembang. Sebuah pendidikan akan sangat mempengaruhi pola pikir dan tingkah laku seorang anak.
Menurut UU No. 20 tahun 2003 pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.

 Pendidikan yang diterima oleh anak adalah dari keluarga, masyarakat tempat ia tinggal dan sebuah lembaga pendidikan yaitu sekolah.Di sekolah anak mendapatkan berbagai macam pembelajaran tentang berbagai hal, mulai dari tentang bagaimana ia seharusnya bersikap dalam kehidupan bermasyarakat (ilmu sosial), bagaimana ia seharusnya bersikap sebagai mahluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, dan berbagai imlu lainnya.
Adapun tujuan dari pembelajaran adalah perubahan prilaku dan tingkah laku yang positif dari peserta didik setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar, seperti: perubahan yang secara psikologis akan tampil dalam tingkah laku (over behaviour) yang dapat diamati melalui alat indera oleh orang lain baik tutur katanya, motorik dan gaya hidupnya.
Untuk mencapai tujuan pembelajaran ini, sekolah memiliki suatu program pendidikan yang di sediakan untuk membelajarkan siswa yang disebut dengan kurikulum. Guna mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik pemerintah telah mengadakan perubahan pada kurikulum yang berlaku pada setiap sekolah. Salah satunya adalah perubahan kurikulum 2006 ke kurikulum 2013.
Dengan perubahan kurikulum ini, tentunya proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas juga berubah. Dalam kesempatan ini, penulis mencoba mengamati proses pembelajaran di sekolah bagi sekolah yang menggunakan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013.
B.     PELAKSANAAN OBSERVASI
Pada kesempatan kali ini penulis mendapat kesempatan melakukan observasi di dua sekolah yang berbeda yaitu :
1    1)      Hari/ tanggal               :Sabtu, 12 Oktober 2013
Waktu                        : 08.00-09.30 WIB
Nama sekolah             : SD Negeri 39 Pontianak Kota
Alamat                       : JL. Gusti Hamzah
Kelas                          : IB
Guru                           : Farida S.Pd
Mata pelajaran            : Matematika, SBDP
2    2)      Hari/ tanggal               : Jum’at, 1 November 2013
Waktu                        : 08.00-09.30 WIB
Nama sekolah             : SD Negeri 12 Pontianak Kota
Kelas                          : IA
Guru                           : Jaliah
Mata pelajaran            : Bahasa Indonesia

C. HASIL OBSERVASI
1.    Kegiata Pembelajaran di Sekolah Menggunakan Kurikulum 2013
            Materi pembelajaran dalam pembelajara ini adalah membuat gambar dari betuk geometris, menggunting dan menempel bentuk geometris pada buku gambar dan papan tulis. Sedandkan metode yang digunakan adalah demonstrasi, tanya jawab, dan penugasan terhadap siswa.
         Pertama, para siswa memasuki ruangan kelas sambil mencium tangan guru yang sedang berdiri didepan pintu kemudian siswa diruruh duduk dengan rapi dan tertib. Sebelum memulai mata pelajaran siswa berdoa terlebih dahulu kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dipinpin oleh salah satu siswa sebagai wujud rasa syukurnya karena telah diberi kesempatan untuk bisa kembali belajar bersama di kelas dengan teman- temannya.
         Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran ini guru menggunakan media gambar yang ditempel dipapan tulis. Saat pembelajaran dimulai guru meminta siswa menyanyikan lagu “Pelangi-pelangi”. Setelah itu guru menyuruh siswa meyebutkan dan menghitung warna-warna yang ada pada pelangi.
         Selanjutnya, untuk memulai mata pelajaran matematika guru menunjukan empat model bangun datar yaitu persegi, persegi panjang, segitiga dan lingkaran. Untuk merangsang daya pikir siswa guru menyuruh siswa untuk menemukan dan menyebutkan dengan benar  benda-benda yang ada dikelas tersebut yang berbentuk bangun yang guru bawa.
         Setelah itu, guru menyuruh siswa maju kedepan satu persatu untuk menempelkan gambar bangun datar yang telah dibawa oleh guru tersebut sesuai dengan nama yang bangun yang telah ada di papan tulis. Siswa-siswa tersubut sangat antusias, mereka banyak yang menunjuk tangan saat ditanya siapa yang ingin maju. Setelah gambar selesai ditempel guru menyuruh siswa untuk menghitung gambar tersebut. Dalam kegiatan ini guru membimbing siswa yang belum mengerti mengenai kegiatan tersebut.
         Setelah selesai guru menyuruh siswa untuk mngeluarkan kertas origami  datar yang telah dibawa siswa dari rumah. Kemudian siswa menggunting origami tersebut sesuai pola bangun datar.  Kemudian guru menyuruh menempelnya dibuku gambar masing-masing dan diberi nama sesuai dengan gambarnya.  Dalam proses pembelajaran ini guru berkeliling kesetiap barisan bangku siswa untuk membimbing siswa yang belum mengerti.
Setelah itu siswa berkemas untuk pulang, dan sebelum pulang siswa berdoa terlebih dahulu.

2. Kegiatan Pembelajaran di Sekolah dengan kurikulum 2006
          Dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia ini, dimulai dengan kegiatan berdoa. Dipembelajaran ini guru tidak menggunakan media pembelajaran disini guru hanya langsung menulisakan kosa kata mengenai keluarga yaitu kata I-BU, A-YAH, A-DIK, dan KA-KAK. Guru membacakan kata-kata tersebut dan kemudian di ikuti oleh semua siswa.Setelah itu, guru melakukan tanya jawab tarhadap siswa mengenai kegiatan yang yang sering dilakukan bersama keluarganya saat libur.
      Kemudian, guru menyuruh siswa untuk menyalin tulisan yang ada dipapan tulis dan guru juga membimbing siswa yag kurang paham. Setelah selesai menyalin guru langsung memeriksa hasil kerja siswa satu persatu.
      Setelah kegiatan menyalin selesai, guru menyuruh siswa satu pertsatu  untuk maju kedepan dan membaca tulisan yang ada di papan tulis. Disini guru membimbing siswa yag masih belum lancar membaca. Setelah itu guru menyuruh siswa menunjukan huruf yang dibuyikan oleh guru. Setelah pembelajaran selesai, siswa bersiap berdoa untuk pulang. Siswa keluar kelas dengan rapi sambil bersalam salaman dengan guru.

D. SIMPULAN
          Secara umum kegiatan observasi di kelas merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat, karena kita bisa memperoleh data informasi yang akuarat secara langsung. Adapun dalam proses pembelajaran antara sekolah yang menggunakan kurikulum 2006 dan 2013 memiliki perbedaan.
          Observasi ini sangat penting sebagai bekal awal untuk mejadi seorang pendidik. Karena ini kita bisa mengetahui bagaimana proses pembelajaran di sekolah dasar yang menggunakan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Pengetahuan dari hasil observasi ini sangat penting bagi calon guru-guru dengan adanya pegamatan secara langsung di sekolah dasar ini dapat menjadi modal awal untuk penerapan dalam proses mengajar yang akan dilaksakan secara langsung oleh calon guru.

       

1 komentar:

  1. Casino Restaurants - MapYRO
    Looking for 천안 출장샵 the 서울특별 출장안마 nearest 의왕 출장마사지 Casino Restaurants to The Wynn in 시흥 출장안마 Las Vegas? MapYRO offers restaurants in Las 태백 출장마사지 Vegas, NV, the Wynn Hotel.

    BalasHapus